7 Manfaat Sunat bagi Kesehatan Pria

Sunat merupakan ritual agama ataupun budaya untuk banyak rakyat, khususnya di Indonesia. Meskipun sunat laki-laki terkadang di perdebatkan oleh beberapa orang, sebenarnya sunat mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat itu?

Berikut ini merupakan 7 manfaat sunat untuk kesehatan laki-laki berdasarkan The American Academy of Pediatrics, seperti dikutip dari Mayoclinic, Rabu (14/12/2016) dibawah ini:

1. Sunat tak mempengaruhi fungsi dan juga gairah seksual laki-laki.

2. Sunat tak mempengaruhi kesuburan laki-laki.

3. Sunat membuat laki-laki lebih mudah mencuci dan juga membersihkan bagian intimnya, sehingga kebersihannya terjaga. Sedangkan laki-laki yang tak disunat, susah untuk menjaga kebersihan wilayah genitalnya sebab adanya kulup yang menutupi.

4. Sunat bisa menurunkan resiko infeksi saluran kemih sebab kulup di hilangkan, yang biasanya menjadi area berkembangnya kuman. Selain itu, laki-laki yang disunat pun juga akan menurunkan resiko infeksi itu pada pasangannya.

5. Sunat bisa menurunkan resiko infeksi penyakit menular seksual. termasuk HIV. Tapi tentunya, melaksanakan seks yang aman masih menjadi hal yang terpenting.

6. Sunat bisa menahan terjadinya masalah pada penis. Contohnya, kulup pada penis yang tak disunat terkadang susah ditarik ke atas (fimosis). Hal ini bisa mengakibatkan peradangan di kulup ataupun ketua penis.

7. Sunat bisa menurunkan resiko kanker penis. Meskipun jenis kanker ini cukup tidak biasa, tetapi umumnya laki-laki yang disunat mempunyai resiko lebih kecil. Selain itu, perempuan yang mempunyai pasangan laki-laki yang telah disunat pun kecil kemungkinannya tertimpa kanker serviks.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*