Google Tegaskan Komitmennya Bayar Pajak

Pemerintah Indonesia terus mengejar Google supaya melunasi pajak. Titik kesepakatan telah ditemui, dan juga Google berkomitmen untuk melengkapi kewajibannya.

“Saya terus bekerjasama dengan penuh bersama pemerintah soal pajak ini. Saya cukup menghormati prosesnya dan juga saya terus berkomitmen,” terang Director Google Country Indonesia Tony Keusgen usai selesai acara Year in Searching 2016, di The Gunawarman, hari Rabu.

Tapi Tony mengaku belum dapat membagikan lebih detail perkara hal ini. “Saat nantinya ada perkembangan terkini, saya pasti mengabarkannya,” singkatnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan bernama Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, ketika ini sudah ada kemajuan baru terkait dari pembicaraan pajak dengan perusahaan Google Asia Pacific, Perusahaan raksasa technology itu selama ini di anggap belum melengkapi kewajiban pajaknya di Indonesia.

“Google telah bertemu dengan kami dan juga sama-sama melaksanakan compare note, untuk menunjukkan sisi Google base perhitungan mereka, kewajiban dengan pajak mereka,” terang Sri Mulyani dikantor pusat Ditjen Pajak, kota Jakarta, awal bulan ini.

“Serta saya membagikan kalkulasi, dan juga dari kalkulasi antara 2 belah pihak di temukan titik kesepakatan, menurut volume transaksi ataupun volume acara ekonomi yang menimbulkan akibat ke kewajiban pajaknya,” tambahnya.

Walau perhitungan kewajiban pajaknya yang belum selesai, dirinya mengapresiasikan langkah Google yang telah menyebutkan komitmen mematuhi aturan pajak di Indonesia.

“Saya berterima kasih Google mempunyai komitmen untuk melengkapi kewajibannya. Sekaligus bahagia dengan tim kami yang mempunyai komitmen untuk melihat suatu potensi penerimaan pajak. Sehingga kami dapat membuat level playing field yang sama pada semua pelaku ekonomi,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*